Selasa, 15 Maret 2011

Bendungan Tertinggi Dunia Dibangun Iran

Menteri Energi Iran menyatakan China bersama Iran akan membangun bendungan tertinggi dunia di negara Islam itu. “Satu dari rencana besar dari sektor air dari negara adalah kerja sama dengan Cina untuk pembangunan bendungan Bakhtiari,” kata Majid Namjoo, Menteri Energi Iran seperti dikutip dari situs kementerian. ”Ini akan menjadi dam tertinggi dunia… Kontrak akan diteken antara Iran dab China Senin ini.”

Mohammadreza Rezazadeh, manajer direktur Perusahaan Pengembangan Tenaga dan Air Iran menyatakan perusahaan Cina Sinohydro Corporation dan perusahaan Iran Farab akan terlibat dalam pembuatan konstruksi dam di bagian barat provinsi Lorestan.zona aneh

Rezazadeh mengatakan kontrak sekitar US$2 miliar atau sekitar Rp 18 triliun. Dam itu akan dibangun setinggi 315 meter dan akan menjadi penampung air terbesar Iran sekitar 4.8 miliar meterkubik. Konstuksi akan mulai dibangun 21 Maret tahun depan. Proyek akan dipakai untuk mendukung pusat listrik tenaga air 1,500 megawatt.

Bangunan ini akan mengalahkan Bendungan Nurek di Tajikistan yang membendung Sungai Vakhsh. Bendungan Nurek tertinggi dunia saat ini dengan 314 meter. Tertinggi kedua adalah Bendungan Grande Dixence di Swiss dengan ketiknggian 284 meter.

Rencana pembangunan bendungan terbesar ini sudah dirintis Iran sejak 1996 oleh Mahab Qods Consulting Engineers. Penelitian dilakukan selama 33 bulan berakhir Maret 2000. Pada 30 April 2007 kontrak konstruksi diserahkan kepada Sinohydro Corporation Cina yang juga bekerjasama dengan Farab Co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post