Rabu, 30 Maret 2011

Zahrul Fuadi, Orang Aceh Selamat dari Tsunami 2 kali

Ketika gempa besar dan tsunami menghantam Jepang awal bulan ini, bencana membawa kembali kenangan menyakitkan bagi rakyat Aceh.

Dalam bencana Aceh, Fuadi dan keluarganya hanya melarikan diri dalam dengan mengendarai sepeda motor kecil dan naik ke bukit di luar rumahnya di pinggiran ibukota propinsi Banda Aceh.

"Tuhan menyelamatkan saya dengan motor ini, dan saya berniat untuk terus menyimpannya sepanjang hidup saya,"katanya.

Setelah bencana Aceh, Bapak Fuadi, 39, pindah ke sebuah universitas di Sendai, di Jepang utara, untuk belajar untuk PhD. Ia mengakui bahwa sebagian dari alasan untuk pindah adalah untuk melepaskan diri dari bencana tersebut.

Zahrul Fuadi + keluarga

Dia masih di Sendai awal bulan ini - itu adalah salah satu daerah yang paling parah terkena tsunami Jepang.

"Saya berada di lantai tiga menghadiri seminar ketika gempa datang Tiba-tiba aku merasa kaget, dan kemudian shock terus tiba-tiba aku teringat gempa tahun 2004 -.. shock ini berlangsung lama juga, dan saya pikir tsunami mungkin datang , "katanya.

Bangunan universitas-Nya cukup jauh dari pantai bahwa ia tidak perlu melarikan diri dari datangnya gelombang kali ini, tapi di suhu dibawah nol, dengan bayi kecil dan tidak ada listrik atau air, ia memutuskan untuk membawa istrinya dan tiga anak-anak untuk pusat evakuasi, dimana mereka bisa segera kembali ke Aceh.

Menyingkap masa lalu

Sekarang dia kembali di kampung halamannya, Bapak Fuadi memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana hal-hal telah berubah setelah 6,5 tahun sejak tsunami Aceh.

Sekarang, jalan dengan baik dan bahkan terus. Seluruh desa di kedua belah pihak telah dibangun kembali - sebagian besar oleh lembaga bantuan internasional dan bahkan ada tanda khusus yang mengarahkan orang ke mana harus pergi dalam kasus lain terjadi tsunami.

Ini adalah sesuatu yang kontras ketika bencana terjadi. Sebagian Aceh - bahkan seorang akademisi seperti Mr Fuadi - belum pernah mendengar tentang kata tsunami , dan tidak tahu bahayanya.

Dibandingkan dengan tingkat kesiapan ada di Jepang, katanya, di aceh perencanaan sedikit dan informasi sedikit.

Tetapi sekarang berbeda - ada pusat evakuasi dan sistem peringatan, dan tingkat pendidikan jauh lebih tinggi.

"Kami telah belajar banyak - jadi saya berharap bahwa jika terjadi lagi akan ada kerugian jauh lebih sedikit dari sebelumnya," kata Fuadi.

Dan dalam banyak hal, kehidupan sudah kembali normal sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post