Jumat, 08 April 2011

Teknisi Atasi Radioaktif di PLTN Fukushima Jepang Menggunakan Konsol Xbox

Mengatasi bencana nuklir PLTN Fukushima Daiichi, tim penyelamat mengirim sistem tak berawak ke medan radioaktif itu. Teknisi perusahaan keamanan QinetiQ pun pakai Xbox.

Alih-alih memakai keyboard, QinetiQ memilih sistem kontroler Xbox Microsoft dan mengadaptasinya agar bisa dipakai di layar laptop. Berkat kontroler Xbox, operator bisa menggerakkan robot lebih cepat dibanding saat menggunakan keyboard.

"Harganya murah dan jutaan orang tahu cara mengoperasikannya," kata Presiden QinetiQ J. D. Crouch.

Dalam satu jam, penguasaan operational bisa dikuasai operator. QinetiQ Amerika Utara mengirim robot Applique Kits yang bisa dikendalikan dari jauh.

Robot itu dilengkapi sekop, ember, dan alat untuk menembus tembok serta pintu. Robot ini dapat dikendalikan dari jarak 1,6 km. Selain itu, terdapat pula robot TALON pendeteksi kimia berbahaya dan bahan peledak.

Robot Dragon Runner digunakan untuk ‘mata dan telinga’ di bagian-bagian yang tak bisa diakses. Saat ini pekerja TEPCO terus mengukur kerusakan di Fukushima dan bersiap-siap ‘menyuntikkan’ gas nitogen ke dalam reaktor untuk mengurangi risiko ledakan hidrogen.


Inilah dia gan, robot-robot yang dikendalikan dengan Remote Control Xbox 360, dalam rangka operasionalnya di PLTN Fukushima, Jepang.

Robot Talon tak berawak, yang dilengkapi dengan night vision dan alata tmbahan yaitu, CBRNE — Chemical, Biological, Radiological, Nuclear and Explosive , robot ini bisa mengidentifikasi lebih dari 7.500 bahaya lingkungan, termasuk radiasi, bahan kimia beracun, ledakan mungkin, dan gas volatile. Robot Talon dapat beroperasi sampai dengan 1.000 meter dari controller, dan mereka juga dapat mendeteksi suara, suhu, dan kualitas udara.

Dragon Runner dirancang untuk digunakan dalam ruang kecil. Mereka dilengkapi dengan kamera termal dan bekerja dengan baik untuk menyelidiki tumpukan puing-puing, parit, gorong-gorong, dan terowongan


Bobcat Loader biasanya digunakan untuk penggalian. QinetiQ's Robotic applique Kits memungkinkan aplikasi remote dari semua fitur Bobcat's - sekop, ember, pemotong pohon, dll loader Bobcat tak berawak meliputi tujuh kamera, night vision, pencitra termal, mikrofon, sistem radio dua arah dan sensor radiasi. Mereka dapat dioperasikan lebih dari satu mil jauhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post